Jamilah, S.Si, M.Si

Ketua Jurusan

Selamat Datang

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Embrio program studi (Prodi) Pendidikan Biologi dimulai dengan didirikannya Tadris IPA Program Sarjana Muda tahun 1983, lalu menjadi Program S1 tahun 1985. Perkembangan selanjutnya Tadris IPA berubah menjadi Program Tadris Pendidikan Biologi tahun 1990. Dinamika pengelolaan Prodi Tadris Pendidikan Biologi mengalami pasang surut kelembagaan, sehingga dari tahun 1992-2003 terjadi kevakuman dan tidak menerima mahasiswa baru.

Seiring program konversi kelembagaan dari IAIN menjadi UIN tahun 2003, maka Prodi Pendidikan Biologi diusulkan kembali untuk dibuka, dan resmi didirikan berdasarkan SK Rektor Nomor 10 A Tahun 2004 tanggal 8 Januari 2004 tentang penyelenggaraan Prodi Pendidikan Biologi pada Fakultas Tarbiyah IAIN Alauddin Makassar dan resmi menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2004/2005.

Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar saat ini terakreditasi B, dan telah membuahkan sarjana Pendidikan Biologi yang sebagian besar telah berkiprah sebagai guru maupun dalam dunia usaha.

Prodi Pendidikan Biologi ingin menjadi lembaga unggul dalam  bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis integrasi keislaman. Alumni Prodi Pendidikan Biologi tidak hanya berkompeten dan professional dibidangnya tetapi juga diharapkan mampu mengintegrasikan keilmuan yang berbasis keislaman, sehingga tidak saja menghasilkan sarjana berkualitas tetapi juga menghasilkan sarjana yang berkarakter dan beriman yang dilandasi nilai-nilai keislaman.

 

Prodi Pendidikan Biologi juga senantiasa mengikuti perkembangan zaman dengan terus mengupdate kurikulum yang dapat merespon kebutuhan masyarakat dan lapangan kerja, sehingga alumni Prodi Pendidikan Biologi siap menghadapi berbagai tantangan dan gelombang yang dihadapi masyarakat dan lapangan kerja.


Wassalam