Prodi Pend. Biologi UIN Alauddin Makassar SUKSES melakukan pengabdian masyarakat melalui kegiatan AMPIBI dan Pendampingan Penelitian Tindak Kelas di Kepulauan Selayar (Kayuadi)

  • 13 Juni 2022
  • 05:32 WITA
  • Ummul Hasanah
  • Berita

Jurusan Pendidikan Biologi- Prodi Pendidikan Biologi Kembali sukses melaksanakan kegiatan AMPIBI pada 11-12 Juni 2022,  kali ini dilakasanakan di SMAN 5 Selayar, Kab. Kepulauan Selayar, Kec. Taka Bonerate, Desa Batang, Bonto Bulaeng. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Sekertaris Prodi Ibu Ainul Uyuni Taufiq, S.P., S.Pd., M.Pd. merupakan agenda tahunan dari Prodi Pendidikan Biologi. Kegiatan pembukaan yang dilaksanakan dengan penandatangan MoU dan dilanjutkan dengan kegiatan Pelatihan Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang ditujukan kepada guru-guru di SMAN 5 Selayar.


Ketua Jurusan (Kajur) Prodi Pendidikan Biologi mengapresiasi keberhasilan kegiatan AMPIBI ditahun 2022. “Kegiatan tersebut sangat kami apresiasi karena kegiatan seperti ini memang merupakan salah satu pengamalan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pengabdian masyarakat, dengan harapan semoga kehadiran kami dapat membantu sekolah SMAN 5 Selayar” Lanjutnya, kegiatan AMPIBI kali ini merupakan kegiatan terluar dan terjauh dibandingkan sekolah-sekolah yang pernah kami datangi.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 5 Selayar, menyampaikan rasa syukur kepada Prodi Pendidikan Biologi UINAM yang telah memilih sekolah dibawah kepemimpinannya sebagai tempat menyelenggarakan AMPIBI dan bentuk pelatihan pendampingan kepada guru. Yang nantinya Guru diharapkan memperbaharui dan meningkatkan pengetahuan yang ada untuk mengembangkan pembelajaran yang berkualitas di kelas.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Pelatihan dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan oleh tim pengabdian yang terdiri dari beberapa dosen program penelitian yaitu: Syamsul, M.Pd, Ainul Uyuni Taufiq, S.P., S.Pd., M.Pd., Ahmad Ali, M.Pd, Wiwin Pramita Arif, M.Pd, Sofyan, M.Pd, Ummul Hasanah, M.Pd dan Ayyub Ibrahim, M.Pd. Pelatihan ini diperuntukkan bagi guru SMAN 5 Selayar Kepulauan Kayuadi.

Pelatihan PTK berjalan dengan lancar dengan menghadirkan Bapak Suhardiman, S.Pd., M.Pd. selaku narasumber yang langsung membimbing dan mengarahkan para guru untuk praktik langsung dalam melakukan PTK. Para Guru sangat antusias dan semangat dalam mengikuti pelatihan tersebut ditandai dengan banyaknya pertanyaan pertanyaan dari peserta. “pelatihan seperti ini kami sangat butuhkan karena selama ini kami di SMAN 5 Selayar belum pernah mengikuti pelatihan PTK dan tentunya pelatihan ini kami sangat butuhkan untuk lebih meningkatkan kompetensi dalam penelitian serta dapat membantu Peserta didik dalam meningkatkanhasil belajarnya” tutur pak Yusuf selaku Guru di SMAN 5 Selayar

Selain kegiatan PTK, kegiatan Praktikum Sederhana dan Bedah Laboratorium di sekolah yang diikuti sebanyak 26 siswa, juga membuat siswa merasa sangat senang dan antusias mengikuti kegiatan tersebut.



<!--[if gte vml 1]>

Salah satu mahasiswa pendidikan biologi, Nuzul Syarbini turut mengharapkan agar kegiatan tersebut memberikan dorongan dan motivasi, serta agar hal-hal seperti pengabdian ini terus dikembangkan di Perguruan Tinggi sebagai bentuk kontirbusi nyata di tengah masyarakat.

“Kegiatan inilah yang diharapkan untuk terus dikembangkan dan tetap ada di tengah-tengah masyarakat”, ungkap Mahasiswa yang juga ikut dalam kegiatan AMPIBI ini.