Integrasi Penelitian-PKM ke mata Kuliah dan Media Pembelajaran Berbasis Vitual dikemas pada kegiatan Capacity Building Prodi Pendidikan Biologi

  • 08 Maret 2022
  • 04:26 WITA
  • Ummul Hasanah
  • Berita

Program Studi Pendidikan Biologi  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar mengadakan Capacity Building dengan mengangkat tema “Integrasi Penelitian-PKM Ke mata Kuliah dan Media Pembelajaran Berbasis Vitual” Senin (07/03/2022).

Capacity Building merupakan salah satu program kerja Prodi Pendidikan Biologi yang diperuntukkan dapat  meningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Program Studi. Dengan adanya capacity bulding ini, diharapkan seluruh dosen prodi pendidikan biologi memiliki inovasi dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media interaktif serta mampu mengintegrasikan penelitian-pkm yang telah dilakukan ke mata kuliah

Kegiatan ini penuh dengan ilmu-ilmu pengetahuan yang bermanfaat, dengan melibatkan  Narasumber hebat pada bidangnya, Dr. Ismail, M.S. dengan materi “Integrasi Penelitian-Pkm ke mata kuliah”, Hartoto, S.Pd., M.Pd. dengan materi Media CANVA dan Andi Akram Nur Risal, S.Pd., M.Kom. dengan materi Google Site.

Capacity Building  ini dihadiri oleh Dekan FTK UIN Alauddin Makassar sekaligus Membuka acara, Ketua Prodi PBIO, para dosen Prodi PBIO, anggota KPM FTK dan anggota GPM pada beberapa Prodi di FTK. Kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, semua tidak terlepas dari peran penting elemen-elemen yang ada di UIN Alauddin Makassar khususnya pada Prodi PBIO, serta kerja keras dan nyata dari panitia pelaksana yang membuat kegiatan ini dapat sukses berjalan dengan lancar. Para peserta sangat antusias menerima materi, menurut Ummul Hasanah peserta Capacity Building menuturkan“kegiatan ini sangat bermanfaat untuk pengembangan soft skill para dosen khususnya teman-taman dosen PBIO karena kita dilatih dan didampingi untuk membuat RPS dengan mengintegrasikan kegiatan Pengabdian dan penelitian pada mata kuliah serta membuat media virtual dengan Canva, Google Site”.

Selanjutnya Ketua Prodi PBIO Muh. Rapi juga mengatakan“kegiatan ini kami rancang untuk lebih meningktkan kualitas SDM Prodi khususnya para teman teman dosen di prodi agar materi-materi pada perkuliahan bisa dikemas dan diintegrasikan dalam bentuk penelitian, selanjutnya produk hasil penelitian tersebut seperti pada mata kuliah media pembelajaran, biologi terapan, bioenterpreneur, hortikultura dll,dapat dilanjutkan lagi di implementasikan di komunitas atau masyarakat dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat.  Saya selaku ketua Prodi juga sangat berterima kasih kepada peserta dan narasumber yang telah menyempatkan waktunya, semoga kita dapat bekerja sama kedepannya, tutupnya.

 Penulis: Sofyan