Prodi Pendidikan Biologi terima Kunjungan Study Laboratorium dirangkaikan Penandatangan MoA dengan SMA IT Nurul Fikri Makassar

  • 16 Maret 2022
  • 05:05 WITA
  • Ummul Hasanah
  • Berita

Prodi pendidikan Biologi kembali menerima kunjungan Laboratorium dari  SMA IT Nurul Fikri Makassar setelah dikeluarkannya edaran Rektor untuk melaksanakan aktivitas secara luring di kampus sejak Pandemi Covid 19 yang memasuki tahun ke dua, Rabu (16/3/22).

Acara penerimaan kunjungan  SMA IT Nurul Fikri dilaksanakan di ruang Lecture Theatre (LT) Barat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dengan jumlah siswa 23 orang, 4 guru pendamping dan Kepala sekolah Subhan, S.Pd. Dalam penerimaan tersebut disambut baik dan dihadiri langsung oleh Wakil Dekan III bidang kemahsiswaan Dr. Ilyas Ismail, M.Pd, M.Si., Ketua Prodi Pendidikan Biologi Dr. H. Muh. Rapi, M.Pd., Para Dosen dan Staff PBIO.

Rangkaian acara pembukaan penerimaan kunjungan siswa dibuka secara resmi oleh bapak Wakil Dekan III FTK. Dalam sambutannya, mengatakan bahwa “suatu lembaga pendidikan akan maju tentunya harus dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung seperti laboratorium sebagai tempat melaksanakan percobaan dan ditemukannya teori baru untuk membantu peningkatan pendidikan”. Harapannya dengan adanya kunjungan ini dapat membantu siswa/i dalam menambah wawasan dan mengembangkan hard skill terkait laboratorium terutama di sekolah yang belum memiliki laboratorium, maka langkah yang tepat adalah melakukan kunjungan ke perguruan tinggi maupun sekolah yang telah memiliki laboratorium.

Kegiatan kunjungan juga  dirangkaikan dengan penandatanganan  kerjasama  (Memorandum of Agreement  antara Prodi Pendidikan Biologi dengan SMA  IT Nurul Fikri Makassar dalam hal pengembangan bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia secara berkesinambungan melalui program bersama guna menunjang proses pembangunan berkelanjutan serta memberikan manfaat bagi dunia pendidikan.

Setelah acara pembukaan para Siswa di alihkan untuk mengunjungi laboratrium di dampingi oleh guru dan dosen serta  mahasiswa Pendidikan Biologi. Siswa mendapatkan penjelasan materi herbarium kingdom animalia baik berupa herbarium kering maupun herbarium basah dan materi pengenalan alat-alat laboratorium. Para siswa sangat antusias menerima materi dari dosen, laboran dan mahasiswa ditandai dengan rasa ingin tahu mereka yang sangat  tinggi dengan banyak rangkaian pertanyaan.

Penulis :  Sofyan