Mahasiswi Pendidikan Biologi UIN Alauddin Lulus Pertukaran Pemuda Delegasi Indonesia ke Turki

  • 20 Januari 2022
  • 01:41 WITA
  • Ummul Hasanah
  • Berita

Azmi Fathin Eka Nugrha, mahasiswi Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar lulus pertukaran pemuda delegasi Indonesia ke Turki dari program Ideas For Indonesia.

Mahasiswi semester Vll ini berhasil lulus setelah melalui beberapa tahap, mulai dari persyaratan berkas, tes tertulis dan wawancara. Azmi Fathin lulus bersama delapan peserta lainnya, dari sekian banyak peserta yang mendaftar.

“Mendaftar sendiri waktu itu, dan Alhamdulillah saya lolos, kebetulan (saya sendiri) dari UIN Alauddin Makassar dan Sulsel,” katanya dalam keterangan resminya di Makassar, Rabu, 19 Januari 2022.

Azmi merasa senang dan bangga karena dapat terpilih menjadi delegasi Indonesia dan akan mempelajari banyak hal tentang negara Turki. Di sana, dia bersama delegasi lainnya akan belajar budaya, sejarah semala 10 hari lamanya.

“Disana kami akan pergi ke beberapa kota di Turki seperti Bursa, Istanbul, dan lain-lain untuk mengunjungi tempat-tempat wisata dan bersejarah yangg ada di Turki serta mempelajari budaya dan sejarah di negara tersebut,” bebernya.

Rencanaya dia akan berangkat Jumat, 21 Januari 2022. Semua biaya transportasi pulang balik dari Jakarta-Turki ditanggung oleh pihak penyelanggara. Begitu juga dengan tempat tinggal, konsumsi selama berada di Turki.

“Sedangkan biaya Makassar-Jakarta PP biaya sendiri kak. Tapi diusahakan sama pihak Fakultas Tarbiyah dan Keguruan untuk dibiayai dana transportasi tersebut,” tandas Azmi, perempuan asal Baubau, Sulawesi Tenggara itu.

Dalam program ini, Azmi berharap dapat menambah wawasan tentang Pendidikan di Turki dan meningkat kualitas dirinya agar dapat berperan aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Azmi Fathin Eka Nugrha saat menemui pimpinan, Dekan, Wakil Dekan ll, Wakil Dekan lll, Kepala KTU, dan Ketua Prodi Pendidikan Biologi dirinya mendapat wejangan.

Di kesempatan itu, Ketua Prodi Pendidikan Biologi Dr Muh Rapi berpesan agar kesempatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya yang tidak hanya belajar budaya negara yang dikunjunginya, tapi juga memperkenalkan budaya Indonesia.

Sementara Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Dr H A Marjuni mengapresiasi Ketua Prodi Pendidikan Biologi yang senantiasa mensupport mahasiswanya memiliki daya saing dan jiwa prestasi dalam mengahrumkan nama kampus.

“Bawalah nama baik Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin agar ke depannya selalu menjadi pioner di lingkungan mahasiswa prodi maupun fakultas. Jaga amanah itu dengan baik dan selalu meningkatkan ilmu pengatahuannya,” tutur Dr Marjuni.