Prodi Pend. Biologi kembali mengadakan PKM AMPIBI di MAN 2 Barru

  • 24 November 2021
  • 01:58 WITA
  • Ummul Hasanah
  • Berita

Prodi Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar kemballi melaksanakan kegiatan AMPIBI (Aktualisasi Model dan Prinsip Laboratroium Biologi) dengan melibatkan langsung para Dosen prodi sebanyak 10 orang dan mahasiswa PBIO. AMPIBI merupakan wujud dari visi Pendidikan Biologi, yaitu “Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada peningkatan kualitas hidup masyarakat dalam bidang pendidikan dan keagamaan”.

Kegiatan ini memfokuskan pengabdian melalui sekolah-sekolah, khususnya yang ada di Sulawesi Selatan. AMPIBI kali ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Barru,  pada tanggal 22-23 November 2021. Pembukaan kegiatan dihadiri langsung oleh Dekan  FTK, Dr. H. Andi Marjuni, M.Ag,  jajaran pimpinan, para dosen, dan mahasiswa dari prodi Pendidikan Biologi serta pihak dari MAN 2 Barru, yaitu Kepala MAdrasah, Ibu Dra. Hj. Rosnawati Buhari, MM. beserta para guru dan siswa. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Prodi pendidikan biologi dengan MAN 2 Barru.

Dekan FTK sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian ini yang merupakan wujud nyata yang dilakukan prodi pendidikan biologi dengan melaksanakan beberapa pelatihan, seperti pelatihan budidaya jamur bagi guru dan pembimbingan praktikum sekolah bagi siswa. Hal itu sangat bermanfaat dan dirasakan langsung oleh para guru dan siswa yang nantinya bisa di implementasikan di sekolah. Di samping itu  Ibu Rosnawati sangat mengapresiasi kegiatan AMPIBI ini dan bersyukur akhirnya kegiatan ini bisa dilaksanakan di MAN 2 Barru. Beliau mengatakan, “Bentuk kegiatan seperti ini yang kami butuhkan untuk menambah wawasan bagi para guru kami dan para siswa dan juga dapat meningkatkan keterampilan berwirausaha yang nantinya diimplementasikan di sekolah".

AMPIBI yang berlangsung di MAN 2 Barru  ini berfokus pada kegiatan pembimbingan praktikum di laboratorium  oleh Mahasiswa dengan didampingi Dosen Prodi, dan pelatihan Budidaya jamur tiram yang langsung di bawakan oleh Bapak Zulkarnaim, S.Si., M.Kes selaku Narasumber.

Pihak prodi Pendidikan Biologi maupun dari MAN 2 Barru  berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut. Hal ini merupakan komitmen dalam mewujudkan kerjasama yang bermanfaat oleh pihak perguruan tinggi dengan mitra-mitra sekolah.

(Penulis:: Sofyan)