HMJ PENDIDIKAN BIOLOGI MENUMBUHKAN JIWA SOSIAL DENGAN MENGADAKAN BAKTI SOSIAL

  • 30 April 2021
  • 01:57 WITA
  • Ummul Hasanah
  • Berita

WARTABIO - HMJ Pendidikan Biologi melaksanakan salah satu program kerjanya yaitu Lentera Ramadhan. Program kerja Lentera Ramadhan ini dikemas dalam bentuk bakti sosial yang ditujukan ke salah satu Masjid dan Panti Asuhan di Samata dan Makassar. Kegiatan ini berlangsung dari hari sabtu hingga minggu (24-25/04/21). Pada hari pertama (sabtu) HMJ fokus bakti sosial ke salah satu Masjid yang berada di Samata, perumahan Patri Abdullah. Hari kedua barulah HMJ mengadakan kegiatan di Panti Asuhan yang berada di daerah Makassar, LKSA Jabal Rahmah Hertasning (25/04/21).

Lentera Ramadhan yang dilakukan oleh HMJ Pendidikan Biologi ada dua macam kegiatan didalamnya yaitu Waqaf Ramadhan dan Bio Berbagi. LKSA Jabal Rahmahpada tanggal 25 bulan April 2021. “Alhamdulillah kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar. Padahal sebelum-sebelumnya sempat ada kendala di komunikasi. Ya atas izin Allah dan usaha dari teman-teman juga yang niat memang untuk sukseskan ini dua kegiatan sekaligus, berhasil ji terlaksana”  ujar Annisa, ketua panitia kegiatan ini.

Kegiatan waqaf Ramadhan dilakukukan dengan memberikan waqaf berupa Al-Qur'an, perlengkapan sholat, dan buku dzikir sedangkan untuk kegiatan bio berbagi yaitu melakukan penyerahan sembako dan buka bersama anak panti.

Bidang keagamaan HMJ Pendidikan Biologi menjadi pelaksana kegiatan ini karena memang merupakan program kerjanya. Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu dosen pendamping, pengurus hmj, mahasiswa(i) pendidikan biologi uinam serta para donatur.

“Mekanisme kegiatan lentera ramadhan ini yaitu untuk kegiatan Waqaf Ramadhan, dimulai dari bersih-bersih bersama, pembukaan kegiatan, penyerahan waqaf, lalu mengaji bersama anak-anak yang ada di daerah tersebut. Kemudian untuk kegiatan Bio berbagi dimulai dengan pembukaan kegiatan, kajian, lalu penyerahan sembako, dan diakhiri dengan buka bersama dengan anak panti” tutup Annisa.

Kegiatan ini Alhamdulillah dilaksanakan dengan sangat lancar serta adik adik panti pun ikut semangat dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh HMJ Pendidikan Biologi.  semoga kegiatan ini bernilai ibadah dan menjadikan HMJ pendidikan Biologi menjadi lebih maju dan sukses Aamiin” ujar salah satu pengurus panti saat ditemui di lokasi (25/04/21).