Implementasikan MoU, Prodi Pendidikan Biologi wujudkan AMPIBI di MA Madani Alauddin Paopao

  • 30 November 2020
  • 03:05 WITA
  • Administrator
  • Berita

Prodi Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar bersama dengan jajaran HMJ Pendidikan Biologi kembali melaksanakan kegiatan AMPIBI (Aktualisasi Model dan Prinsip Laboratroium Biologi). AMPIBI merupakan wujud dari visi Pendidikan Biologi, yaitu “Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada peningkatan kualitas hidup masyarakat dalam bidang pendidikan dan keagamaan”.

Kegiatan ini memfokuskan pengabdian melalui sekolah-sekolah, khususnya yang ada di Sulawesi Selatan. AMPIBI kali ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Madani Alauddin Pao-pao, Gowa pada tanggal 19-20 November 2020. Pembukaan kegiatan dihadiri oleh Wakil Dekan 3 FTK, Dr. Ilyas, M.Pd., M.Si., jajaran pimpinan, para dosen, dan mahasiswa dari prodi Pendidikan Biologi serta pihak dari MA Madani Alauddin, yaitu Kepala Laboratorium, Ibu Lina Kurnia, S.Pd., M.Pd. beserta para guru.

Ibu Lina Kurnia sangat mengapresiasi kegiatan AMPIBI ini dan bersyukur akhirnya kegiatan ini bisa dilaksanakan di MA Madani ini. Beliau mengatakan, “Mengapa kegiatan ini lebih dulu dilaksanakan di luar daerah, padahal ada kami (red: Madani) yang merupakan madrasah binaan dari kampus UIN Alauddin Makassar?”. Alhamdulillah di tahun ini, kegiatan AMPIBI dapat terealisasikan di MA Madani ini yang dibarengi dengan kegiatan Jumat Kuliner yang dilaksanakan oleh prodi Pendidikan Biologi.

AMPIBI yang berlangsung di MA Madani ini berfokus pada kegiatan bedah laboratorium. Beberapa bentuk kegiatannya, antara lain pembenahan dan inventarisasi alat-alat laboratorium. Mahasiswa dan para dosen bersama-sama membenahi alat-alat dan membersihkannya. Kemudian dilakukan inventarisasi alat agar diketahui alat yang masih berkondisi baik.

Pihak prodi Pendidikan Biologi maupun dari MA Madani berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut. Hal ini merupakan komitmen dalam mewujudkan kerjasama yang bermanfaat oleh pihak perguruan tinggi dengan mitra-mitra sekolah.

(Penulis: Ummul Hasanah)