HMJ PBIO UINAM Adakan Pelatihan Penulisan Motivation Letter untuk Beasiswa

  • 04 Agustus 2020
  • 12:00 WITA
  • Ummul Hasanah
  • Berita

Beasiswa adalah bentuk penghargaan yang diberikan kepada individu. Penghargaan tersebut bisa berbentuk akses tertentu pada suatu instansi atau penghargaan berupa bantuan keuangan. Oleh karena itu, beasiswa menjadi salah satu hal yang menjadi incaran para pelajar dan mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan atau ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Setiap program beasiswa memiliki kriteria dan syarat pendaftaran masing-masing, salah satu dokumen yang cukup sering diminta adalah Motivation Letter, yaitu sebuah tulisan yang biasanya berupa esai dengan panjang sekitar 500 kata untuk menjelaskan diri kita agar dapat meyakinkan pemberi beasiswa.

Mengetahui pentingnya Motivation Letter, maka HMJ Pendidikan Biologi UINAM mengadakan seminar online dengan tema “Tips dan Trik Menulis Motivation Letter untuk Beasiswa” kegiatan yang dilaksanakan melalui apikasi chat grup Whatsapp ini diikuti oleh 70 orang peserta dari berbagai kampus atau instansi pendidikan. Adapun narasumber pada seminar ini adalah, Nurjannah Husain, S.Pd. beliau merupakan alumni dari Universitas UIN Alauddin Makassar yang saat ini menjadi salah satu awardee beasiwa LPDP Monash University Australia.

Pada kegiatan ini, Narasumber membagikan pengalamannya selama proses mendaftar beasiswa khususunya tips dan trik yang dapat digunakan dalam penulisan Motivation Letter. Dalam penjelasannya, Narasumber menyatakan bahwa salah satu hal yang paling penting dalam penulisan ini adalah harus mengerti terlebih dahulu kriteria calon penerima beasiswa yang diinginkan.

“Yang paling penting adalah mengerti dulu apa kriteria yang didinginkan pemberi beasiswa, contohnya LPDP prioritas utama beasiswa ini adalah untuk membentuk karakter-karakter yang kedepannya bisa menjadi pemimpin, olehnya arah tulisan kita harus menonjolkan apa saja konribusi yang telah dilakukan dan hal apa saja yang akan dilakukan guna kemajuan bangsa”

Kemudian di akhir kegatan, Beliau juga berpesan agar adik-adik Mahasiswa yang bermimpi untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri dengan beasiswa untuk tetap fokus dan berani untuk bermimpi.

 

****

Muh. Agung Givari